Orang Dewasa Cenderung Mengalami Gigi Sensitif, Benarkah?

Gigi sensitif membuat tidak nyaman dan seringkali membuat frustasi. Penyebab gigi sensitif sendiri bermacam-macam, Sahabat O-Smile. Bisa karena adanya gigi berlubang, gigi retak, adanya tambalan baru, dll. Namun, orang dewasa apakah lebih cenderung mengalami gigi sensitif?

Bertambahnya usia sebenarnya tidak berdampak langsung terhadap sensitifitas gigi. Orang dewasa lebih banyak yang mengalami gigi sensitif dikarenakan seiring bertambahnya usia maka gigi semakin sering digunakan sehingga timbul pengikisan atau keausan.

Hilangnya lapisan luar atau email pada gigi menyebabkan terpaparnya lapisan yang lebih dalam yaitu dentin dimana lapisan ini sangat reaktif terhadap rangsangan seperti dingin dan manis sehingga muncul lah rasa sensitif pada gigi. 

Selain itu kebiasaan menyikat gigi yang terlalu keras dengan arah yang salah dan menumpuknya karang gigi juga dapat menyebabkan penurunan gusi sehingga bagian akar gigi terbuka. Bagian akar ini sama halnya dengan dentin yaitu mudah menerima rangsangan yang biasa kita kenal dengan gigi sensitif.

Jika kita dapat membiasakan membatasi konsumsi makanan yang terlalu keras, menyikat gigi dengan benar, serta rajin membersihkan karang gigi maka akan mencegah timbulnya gigi sensitif meski usia kita bertambah.


Other

news

Merawat Kesehatan Gigi Anak

Gigi susu pada anak-anak akan tanggal dengan sendirinya dan akan digantikan dengan gigi tetap. Hal ini dikarenakan gigi susu merupakan panduan dan pembuka jalan bagi tumbuhnya gigi tetap. Beberapa orang tua beranggapan bahwa gigi susu…

news

THE 1 st NASIONAL MEETING OSMILE LASER DENTAL CENTRE

O-Smile Laser Dental Centre (OLDC) Yang berdiri sejak Januari 2006 kini telah mempunyai beberapa cabang dikota-kota besar di Indonesia yaitu di Bekasi, Jogja, Semarang dan Bandung. Pada 10 April 2011 yang lalu, O-Smile Laser Dental…