Cara Menyikat Gigi yang Benar

Menyikat gigi secara teratur dan benar sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi. Sudahkah kamu menyikat gigi dengan benar?


Seperti apa sih cara menyikat gigi yang benar?

Sebelum menyikat gigi, siapkan sikat gigi yang sesuai dengan lebar mulut dan pasta gigi yang mengandung flouride. Untuk sikat gigi, pastikan ujung kepala sikat kecil untuk memudahkanmu menjangkau bagian gigi terdalam dengan gagang yang nyaman dipegang

Langkah awal adalah menyikat lidah terlebih dahulu sebelum menyikat gigi. Kenapa? Karena membersihkan lidah penting dilakukan untuk menghilangkan bakteri anaerob yang menyebabkan bau mulut. Biasanya sikat lidah ada di bawah bulu sikat pada sikat gigi. Sama seperti menyikat gigi, menyikat lidah juga menggunakan pasta gigi.Sikat lidah dengan lembut dan jangan sampai melukai lidah.


Setelah menyikat lidah, bisa langsung menyikat gigi dengan cara:

Letakkan bulu sikat gigi pada permukaan gigi dekat tepi gusi dengan posisi membentuk sudut 45 derajat. Bisa mulai menyikat gigi pada gigi geraham atas atau pada gigi belakang di salah satu sisi mulut. Sikatlah dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah selama sekitar 20 detik untuk setiap bagian.

Sikat setiap bagian gigi, mulai dari bagian gigi yang biasa dipakai untuk mengunyah, gigi yang dekat dengan pipi dan lidah. Pastikan semua permukaan gigi sudah disikat, sehingga plak atau sisa makanan yang menempel di gigi bisa hilang.

Untuk membersihkan permukaan dalam gigi depan, harus memegang sikat gigi secara vertikal atau menggunakan ujung kepala sikat gigi dan sikat dengan gerakan melingkar dari tepi gusi sampai atas gigi. Lakukan gerakan ini berulang sebanyak 2-3 kali.

Ubah pola menyikat gigi yang biasa jika diperlukan. Kadang, menyikat gigi dengan cara yang itu-itu saja membuat bagian lain yang tidak biasa dilewati bisa terabaikan.

Jika memulainya dari bagian geraham atas, maka akan menyelesaikan sikatan pada gigi geraham bawah. Akan menghabiskan waktu sekitar 2-3 menit untuk menyikat seluruh bagian gigi .

Terakhir, bilas mulut dan sikat gigi Anda dengan air sampai bersih.


Tips tambahan:

Jangan menyikat gigi terlalu keras atau terlalu memberi tekanan pada gigi, ini akan menyakitkan gigi dan gusi . Terlalu keras menyikat gigi sebenarnya tidak membantu membersihkan gigi lebih baik juga. Justru, hal ini dapat menyebabkan permukaan luar gigi (enamel) akan terkikis dan ini adalah asal mula dari gigi sensitif.

Selain itu, menyikat gigi dengan gerakan lurus (bukan melingkar) bukanlah cara yang efektif dalam membersihkan gigi . Menyikat gigi dengan gerakan lurus dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan permanen pada gusi.


Other

news

Merawat Kesehatan Gigi Anak

Gigi susu pada anak-anak akan tanggal dengan sendirinya dan akan digantikan dengan gigi tetap. Hal ini dikarenakan gigi susu merupakan panduan dan pembuka jalan bagi tumbuhnya gigi tetap. Beberapa orang tua beranggapan bahwa gigi susu…

news

THE 1 st NASIONAL MEETING OSMILE LASER DENTAL CENTRE

O-Smile Laser Dental Centre (OLDC) Yang berdiri sejak Januari 2006 kini telah mempunyai beberapa cabang dikota-kota besar di Indonesia yaitu di Bekasi, Jogja, Semarang dan Bandung. Pada 10 April 2011 yang lalu, O-Smile Laser Dental…